PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN SOSIAL TERHADAP KENAKALAN REMAJA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SUMBER GEMPOL TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

WIDYA SIGIT SATYATAMA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

10.1.01.01.0451

Abstract

VIDYA SIGIT SATYATAMA. “Pengaruh Layanan Bimbingan Sosial Terhadap Kenakalan Remaja Pada Siswa Kelas VII SMP N 1 Sumbergempol Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015”, Skripsi, Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2015. Permasalahan dalam penelitian yaitu di era globalisasi sekarang ini dunia pendidikan dihadapkan dengan berbagai macam tantangan dan permasalahan. Di antara permasalahannya adalah sebagaimana diketahui bahwa timbulnya berbagai macam bentuk kenakalan remaja dan sering ditemukan perilaku yang kurang positif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pemberian layanan bimbingan sosial terhadap kenakalan remaja pada siswa kelas Kelas VII SMP N 1 Sumbergempol Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, dengan populasinya adalah siswa kelas VII jumlah keseluruhan 244 siswa dari 7 kelas. Adapun sampel yang diambil sebanyak 35 siswa, berdasrkan 15% dari jumlah siswa keseluruhan dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Metode pengumpulan datanya adalah skala kenakalan remaja. Data yang diperoleh dari penyebaran skala dianalisis menggunakan uji-t. Dari hasil analisis data yang diujikan diperoleh analisis = 4,451. Pada taraf 5% diperoleh = 2,032. Karena melebihi yaitu : 4,451 > 2,032 maka signifikan sehingga hipotesis penelitian yang berbunyi : “Ada pengaruh positif layanan bimbingan sosial terhadap kenakalan remaja pada siswa Kelas VII SMP N 1 Sumber gempol Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015”, diterima. Dari hasil analisis data, penulis menyimpulkan bahwa ada pengaruh positif layanan bimbingan sosial terhadap kenakalan remaja siswa Kelas VII SMP N 1 Sumber gempol Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan uji-t bahwa lebih besar dari dk (35–1) = 34 yaitu : 4,451 > 2,032 sehingga perhitungan signifikan. Hal ini berarti bahwa bimbingan sosial efektif membantu mereka untuk mengontrol sikap dan tingkah lakunya dalam merespon setiap situasi dan kondisi yang dihadapinya secara positif sehingga tindakan kenakalan remajanya akan berkurang.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-04-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI