HUBUNGAN ANTARA KESTABILAN EMOSI DENGAN PERILAKU KENAKALAN REMAJA SISWA KELAS VII SMPN 2 PAGERWOJO TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

RONNY CAHYO WIBOWO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

10.1.01.01.0437

Abstract

RONNY CAHYO. W: Hubungan antara Kestabilan Emosi dengan Perilaku Kenalan Remaja Pada Siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Pagerwojo Tulungagung, Skripsi, Bimbingan dan Konseling, FKIP UNP Kediri, 2015. Munculnya kenakan remaja saat ini banyak kita jumpai dimana-mana. Sebagai salah satu contoh problem sosial. Berbagai macam kenakalan remaja akhir-akhir ini menunjukkan kondisi yang semakin membahayakan, seperti perkelahian, pemerasan, pencurian, penyalahgunaan obat-obatan selain tingkah laku yang dianggap ringan masih merupakan kenalan yang pada umumya dilakukan para remaja, seperti membolos, merokok, membuat gaduh saat jam pelajaran. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa di SMP Negeri 2 Pagerwojo Tulungagung ini siswa kelas VII ada problem kenakalan remaja yang dilandasi oleh emosi siswa. Permasalahan penelitian ini adalah ada tidaknya pengaruh kestabilan emosi dengan perilaku kenakalan remaja, pola asuh orang tua, lingkungan tempat individu berada, bahasa yang digunakan, tingkat pendidikan dan faktor usia. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, disini subyek penelitian siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pagerwojo Tulungagung utuk populasi keseluruhan adalah 242 siswa dan sampel pada penelitian ini adalah 60 siswa. Untuk mengetahui seberapa besar intensitas komunikasi antar pribadi siswa di analisis dengan menggunakanan analisis korelasi dalam hal ini korelasi product moment (rxy) melalui perhitungan secara manual. Sebagaimana dikemukakan di bab sebelumnya dengan menggunakan uji analisis Pearson Product Moment. Hipotesis yang diuji adalah “Adanya hubungan antara kestabilan emosi dengan perilaku kenakalan remaja pada siswa kelas VII SMP N 2 Pagerwojo Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015”. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh hasil hitung 0,929, berarti 0,929 ? 0,254 pada taraf signifikan 5%, maka berbunyi “ada hubungan positif antara kestabilan emosi terhadap kenakalan remaja siswa kelas VII SMP N 2 Pagerwojo Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015”, dapat diterima pada taraf signifikan 5%. Sedangkan yang berbunyi tidak ada hubungan positif antara kestabilan emosi dengan perilaku kenakalan remaja siswa SMP N 2 Pagerwojo Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015, ditolak.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-04-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI