PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN SOSIAL TERHADAP TINGKAT KENAKALAN REMAJA KELAS VII MTsN BANDUNG KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2013/2014


Author (Penulis)

YAHYA NUR AZIS
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

10.1.01.01.0300

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pengaruh layanan bimbingan sosial terhadap kenakalan remaja. Bimbingan sosial merupakan jenis bimbingan yang bertujuan membantu individu dalam memecahkan dan mengatasi kesulitan-kesulitan didalam masalah sosialnya, sehingga individu mendapatkan penyesuaian yang sebaik-baiknya dalam lingkungan sosialnya. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah layanan bimbingan sosial dapat membantu siswa mengatasi kenakalan remaja? (2) Apakah penerapan layanan bimbingan sosial dapat membantu mengatasi kenakalan remaja? Penelitian ini menggunakan teknik eksperimen pretest dan posttest dengan subjek penelitian siswa kelas VII MTsN Bandung sebesar 41 diambil 10,5% dari jumlah populasi sebesar 386. Penelitian ini menggunakan instrument berupa RPLBK, lembar observasi aktifitas siswa serta skala kenakalan remaja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hitung kenakalan remaja sebelum diadakan bimbingan sosial sebesar 130. Namun, setelah diberi bimbingan sosial, kemudian diberikan posttest (T2) diperoleh rata-rata hitung sebesar 130. Dari hasil analisis data dengan SPSS paired sample test, diperoleh thitung > ttabel yaitu: 75,747 > 1,683 untuk ? 5% dengan dk 41 – 1 = 40. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh layanan bimbingan sosial terhadap kenakalan remaja MTsN Bandung. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah melalui layanan bimbingan sosial dapat membantu siswa dalam mengurangi jumlah kenakalan remaja. Berdasarkan simpulan hasil penelitian, saran yang perlu dikemukakan adalah sebagai berikut. Guru bimbingan konseling, hendaknya meningkatkan kualitas layanan bimbingan sosial, sehingga siswa mampu mengatasi kenakalan remaja. Sekolah hendak nyaman fasilitasi pelaksanaan layanan bimbingan sosial, khususnya bagi siswa yang mempunyai tingkat kenakalan yang tinggi. Bagi siswa yang mempunyai tingkat kenakalan yang tinggi, hendaknya menjadikan layanan bimbingan sosial sebagai pengalaman yang berguna untuk menempa diri dengan lebih meningkatkan kegiatan yang positif. Kata Kunci : layanan bimbingan sosial, kenakalan remaja.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-22

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI