HUBUNGAN LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII D DI UPTD SMP NEGERI 1 SEMEN TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

WAHYU PRIYAMBODO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

10.1.01.01.0298

Abstract

ABSTRAK WAHYU PRIYAMBODO: pengaruh layanan bimbingan pribadi terhadap minat belajar siswa kelas VII D di UPTD SMP Negeri 1 Semen tahun pelajaran 2014/2015, Skripsi, Bimbingan Konseling, FKIP UNP Kediri 2015. Kata kunci: layanan bimbingan pribadi, minat belajar. Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan peneliti saat peneliti melakukan tugas survey salah satu mata kuliah telah banyak menemukan beberapa hal Masalah yang mempengaruhi siswa tidak memiliki minat belajar yakni masalah pribadi, lingkungan, dan guru. Dalam realitasnya masalah-masalah yang dihadapi siswa dalam belajar tidak semua dapat diatasi oleh guru pengajar. Hal ini dikarenakan guru dalam kapasitasnya sebagai pengajar sudah terlalu banyak menanggung beban tugas untuk membimbing siswanya agar mampu menguasai materi yang dipelajarinya. Sulitnya siswa menguasai materi terkadang dikarenakan adanya permasalahan baik pribadi, maupun lingkungan yang dihadapi siswa. Metode penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian eksperimental yaitu dengan jenis desain one-group pre-test dan post-test, dengan tujuan untuk melihat hubungan bimbngan pribadi untuk meningkatkan minat belajar siswa. Dengan populasi siswa kelas VII D di UPTD SMP Negeri 1 Semen tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 38. Jumlah subjek dalam penelitian ini jumlahnya terbatas, yaitu hanya berjumlah 38 peserta didik sehingga digunakan teknik sampling jenuh. Sampling jenuh adalah teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Dalam penelitian ini, akan digunakan satu buah skala, yaitu skala minat belajar. Hasil perhitungan skala minat belajar diketahui yang valid adalah 26 aitem dari 30 aitem semula, dengan koefisien validitas minimal 0,250. Hasil utama penelitian ini memperlihatkan bahwa ada perbedaan minat belajar siswa sebelum diberi perlakuan dengan sesudah diberi perlakuan pada kelas VII D SMP Negeri 1 Semen Kediri tahun pelajaran 2014/2015. Dari hasil perhitungan diperoleh berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh t hitung = -12,992, sedangkan harga t tabel = -2,062 dengan derajat kebebasan (df) n – 1 atau 38 – 1 = 37, pada taraf signifikan 5% adalah +2,062/-2,062. Maka hasilnya –t hitung < -t tabel (-12,992 < -2,062), jadi Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada perbedaan minat belajar siswa sebelum diberi perlakuan dengan sesudah diberi perlakuan pada kelas VII D SMP Negeri 1 Semen Kediri tahun pelajaran 2014/2015. Treatment dilaksanakan sebanyak 3 kali sesi intervensi.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-11

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI