KEEFEKTIFAN BIBLIOTERAPI DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X-IPS2 DI MA.SUNAN KALI JOGO TAHUN PELAJARAN 2013/2014


Author (Penulis)

LILIK FAUZIYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

10.1.01.01.0154

Abstract

ABSTRAK LILIK FAUZIYAH : Keefektifan Bibblioterapi Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas X-IPS-2 MA Sunan Kalijogo, Skripsi, BK, FKIP UNP Kediri 2014 Kata kunci : Kemandirian belajar, Biblioterapi Masalah yang dijawab dalam penelitian ini adalah Apakah teknik Biblioterapi efektif dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas X IPS 2 di MA Sunan Kalijogo Kranding Mojo Kediri. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa melalui biblioterapi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik Single Subject Desaign (SSD). Adapun desain penelitian ini menggunakan pola A-B dengan subjek tunggal. Instrument penelitian menggunakan pedoman observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis statistik deskriptif, berupa teknik menganalisis data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang seperti apa adanya Berdasarkan hasil pengamatan atau observasi pada subyek menunjukkan perubahan disetiap hasil pengamatan hal ini ditunjukkan dari grafik yang menunjukkan peningkatan kemandirian belajar. Dimana yang pada awalnya subyek kurang mandiri dalam belajar yang menunjukkan angka presentase 25% setelah intervensi dengan biblioterapi mengalami peningkatan kemandirian belajar 55%, hal ini terlihat bahwa subyek mengalami peningkatan kemandirian yaitu 80%. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa biblioterapi dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa dengan efektif. Sebelum dilakukan tindakan/Baseline skor dari subjek penelitian, kemandirian belajar siswa diklasifikasikan cukup. setelah dilakukan intervensi pertama kemandirian belajar siswa meningkat menjadi sedang. Pada intervensi kedua, ternyata terlihat peningkatan kemandirian belajar siswa menjadi tinggi. Dengan demikian, dapat direkomendasikan bahwa biblioterapi dapat digunakan untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-06-21

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI