PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK CINEMATERAPHY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMP PAWYATAN DAHA 2 KOTA KEDIRI


Author (Penulis)

HARMIA NURMA LILMUSTIDAYANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

10.1.01.01.0128

Abstract

ABSTRAK Harmia Nurma Lilmustidayana, 2014. Pengaruh Bimbingan Kelompok dengan Teknik Cynema Teraphy terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Pawyatan Daha 2 Kota Kediri. Kata Kunci: bimbingan kelompok, Cynema Teraphy, motivasi belajar Permasalahan penelitian ini adalah masih banyaknya siswa kelas VIII SMP Pawyatan Daha 2 kotaKediri yang memiliki motivasi belajar rendah. Untuk memecahkan masalah rendahnya motivasi belajar siswa tersebut, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah mengadakan bimbingan kelompok dengan teknik Cynema Therapy. Teknik Cynema Therapy merupakan salah satu solusi yang dianggap dapat membantu motivasi belajar siswa, karena bimbingan kelompok teknik Cynema Therapy merupakan salah satu jenis bimbingan konseling dengan cara memberikan atau memperlihatkan film-film yang bisa menginspirasi siswa yang pada akhirnya dapat meningkatkan motivasi belajarnya. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Ingin mengetahui motivasi belajar siswa sebelum bimbingan kelompok dengan teknik Cynema teraphy. 2) Ingin mengetahui motivasi belajar siswa setelah bimbingan kelompok dengan teknik Cynema teraphy. 3) Ingin mengetahui ada tidaknya pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik Cynema teraphy terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Pawyatan Daha 2 Kota Kediri. Variabel bebas (X) penelitian ini adalah bimbingan kelompok dengan teknik Cynema teraphy, sedangkan variabel terikatnya (Y) adalah Motivasi Belajar Siswa. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Sampel yang ditelisi ialah siswa kelas VIII yang jumlahnya 22 orang. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik eksperimental semu (quasi experimental research) sedangkan rancangan penelitiannya adalaheksperimental one group pretest-posttest. Teknik analisis datanya adalah t test. Hasil penelitian ini disimpulkan berikut: 1) Nilai meanpretest = 46,00, dengan kategori kurang, hal ini berartimotivasi belajar siswa kelas VIII SMP Pawyatan Daha 2 kota Kediri sebelum (pretest) bimbingan kelompok dengan teknik cynema therapy kategori kurang. 2) Nilai meanposttest = 49,73, dengan kategori cukup, hal ini berarti motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Pawyatan Daha 2 Kediri setelah (posttest) bimbingan kelompok dengan teknik cynema therapy kategori cukup, dan 3) Nilai +th > +ttab. taraf signifikansi 5% atau 9,688 > 2,08, hal ini berarti ada pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik Cynema teraphy terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Pawyatan Daha 2 Kota Kediri.

Keyword

bimbingan kelompok, Cynema Teraphy, motivasi belajar

Reference


PUBLISHED

2016-11-03

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade