PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN SOSIODRAMA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI MA AT-THOHIRIYAH NGANTRU TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

GUNAWAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

10.1.01.01.0124

Abstract

ABSTRAK GUNAWAN. Pengaruh Pemberian Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Sosiodrama terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI MA AT-Thohiriyah Ngantru Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015, Skripsi, Bimbingan dan Konseling, FKIP UNP Kediri, 2014. Kata Kunci : layanan bimbingan kelompok, sosiodrama, motivasi belajar Penelitian dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa motivasi belajar siswa masih rendah. Fenomena yang terjadi di lapangan sehubungan dengan motivasi belajar menunjukkan perilaku sebagai berikut: membolos, datang terlambat, tidak mengerjakan PR, dan tidak teratur dalam belajar, dan menunjukan gejala emosional seperti pemurung, pemarah, mudah tersinggung.Layanan bimbingan kelompok menggunakan sosiodrama tepat digunakan sebagai salah satu bentuk layanan bimbingan dan konseling untuk dapat diberikan kepada siswa yang memiliki motivasi belajar yang masih rendah. Melalui permainan sosiodrama, siswa diajak untuk mengenali, merasakan suatu situasi tertentu sehingga mereka dapat menemukan sikap dan tindakan yang tepat seandainya menghadapi situasi yang sama. Permasalahan penelitian ini adalah adakah pengaruh pemberian layanan bimbingan kelompok menggunakan sosiodrama terhadap motivasi belajar siswa kelas XI MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung tahun pelajaran 2014/2015? Teknik penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung tahun pelajaran 2014/2015. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t atau t-test dua sampel. Berdasarkan hasil analisis data, pengolahan data, dan pengujian hipotesis selanjutnya dikemukakan simpulan sesuai dengan permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara layanan bimbingan kelompok menggunakan sosiodrama terhadap motivasi belajar pada siswa kelas XI di MA At-Thohiriyah Ngantru tahun pelajaran 2014/2015. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: bagi pihak sekolah/lembaga pendidikan kiranya bisa mempertimbangkan hasil penelitian ini sebagai bahan masukan dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah terutama motivasi belajarnya, karena pada layanan bimbingan kelompok siswa dapat mengoptimalkan belajarnya. Dengan demikin dapat diketahui perkembangan motivasi belajar pada siswa. Guru sebaiknya menjalin hubungan akrab dengan siswa, sehingga siswa merasa memiliki hubungan yang dekat dengan guru. Dengan jalan tersebut, maka siswa lebih terbuka lagi dalam menyampaikan segala permasalahan yang sedang dihadapi yang sekiranya dapat menghambat tugas perkembanganya. Masalah ini secara tidak langsung dapat mengganggu kegiatan yang sedang dilakukan oleh siswa dalam meningkatkan motivasi belajarnya.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 05 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI