PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN PERAN GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS-1SMA NEGERI 1 PULE TRENGGALEK


Author (Penulis)

GALIH AFRIANTA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

10.1.01.01.0123

Abstract

ABSTRAK GALIH AFRIANTA. 2014. Pengaruh Lingkungan Sekolah Dan Peran Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS-1 SMA Negeri 1 Pule Trenggalek Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi, Bimbingan Dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri. Prestasi belajar anak yang dicapai dipengaruhi oleh hasil interaksi berbagai faktor yang terjadi dalam proses belajar baik internal maupun eksternal. Lingkungan sekolah sangat berperan penting dalam proses belajar siswa. sarana prasarana yang ada di sekolah sangat di perlukan dalam proses pembelajaran. sarana prasarana yang tidak lengkap akan membuat proses pembelajaran akan terhambat. begitu juga dengan peran guru dalam proses pembelajaran yang di gunakan oleh guru dalam menyampaikan materi kepada siswa. Perkembangan baru terhadap pandangan belajar mengajar membawa konsekuensi kepada guru untuk meningkatkan peranan dan kompetensinya karena proses belajar mengajar dan hasil belajar siswa sebagian besar ditentukan oleh peranan dan kompetensi guru. Guru yang kompeten akan lebih mampu menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan akan lebih mampu mengelola kelasnya sehingga hasil belajar siswa berada pada tingkat optimal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu metode penelitian yang bersifat induktif, objektif dan ilmiah di mana data yang di peroleh berupa angka-angka atau pernyataan-pernyataan yang di nilai, dan dianalisis dengan analisis statistik. Penelitian Kuantitatif biasanya di gunakan untuk membuktikan dan menolak suatu teori. Karena penelitian ini biasanya bertolak dari suatu teori yang kemudian di teliti, di hasilkan data, kemudian di bahas dan diambil kesimpulan. Teknik penelitian ini dengan menggunakan korelasi product moment dari Karl Pearson. Kegunaan dari korelasi ini adalah yaitu untuk menguji dua signifikansi dua variabel, mengetahui kuat lemah hubungan, dan mengetahui besar retribusi. Hasil temuan penelitian ini adalah bahwa peranan guru dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa adalah tinggi. Hal ini nampak sekali pada hubungan antara hasil prestasi siswa dan hasil angket siswa. Saran yang diajukan peneliti adalah sebaiknya sekolah menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman agar prestasi siswa meningkat. serta guru meningkatkan cara menyampaikan pembelajaran dengan pendekatan yang disukai siswa dan menambah inovasi dalam pembelajaran. Kata Kunci : Prestasi, Lingkungan, Guru

Keyword

Kata Kunci : Prestasi, Lingkungan, Guru

Reference


PUBLISHED

2015-12-22

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade