PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN BIMBINGAN KARIER TERHADAP KEMATANGANMEMILIH KARIER SISWAKELAS XI SMAN 1 KARANGREJO TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
FACHRIZKY AINY ELSA SURYA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
10.1.01.01.0110
Abstract
FACHRIZKY AINY ELSA SURYA: Hubungan Antara Kestabilan Emosi Dengan Pengaruh Pemberian Layanan Bimbingan Karier Terhadap Kematanganmemilih Karier Siswa kelas XI SMAN 1 Karangrejo Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015
Setiap orang memiliki perilaku yang berbeda-beda, baik menurut sekelompok orang belum tentu baik pula untuk sekelompok orang lain. Apalagi pada peserta didik yang masih remaja, mereka cenderung memiliki perilaku yang kurang baik. Hal itu dapat terjadi karena pengaruh dari lingkungan. Namun semua itu dapat dihindari dengan adanya kestabilan emosi yang sesuai dan matang dalam perkembangan siswa serta memberikan bimbingan dan konseling seperti tata krama, tata cara pergaulan, sopan santun dalam bergaul, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan perilaku serta kestabilan emosi.
Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif dengan menggunakan rancangan penelitian eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 1. Sampel yang dijadikan subjek penelitian berjumlah 60 siswa yang diambil dengan cara proportional random sampling. Untuk tehnik analisa data menggunakan Rumus Pearson Product Moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara kestabilan emosi dengan perilaku kenakalan remaja, siswa kelas XI SMAN 1 Tahun Pelajaran 2014/2015. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai yang diperoleh adalah sebesar 0,929 (taraf signifikan ?=5%).
Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada:1). Guru atau Konselor, hendaknya lebih meningkatkan layanan bimbningan dan konseling seta memantau perilaku siswa terutama di lingkungan sekolah. 2). Orang tua, diharapkan mengarahkan anak agar dapat berperilaku yang baik dengan cara memberikan contoh yang baik kepada mereka. 3). Siswa, dengan adanya layanan bimbingan dan konseling dapat berperilaku baik dan lebih terbuka agar mereka dapat menjaga kestabilan emosinya. 4). Para peneliti dapat mengadakan kembali dan mengembangkan penelitian ini dengan faktor-faktor lain yang mempengaruhi kenakalan remaja.