PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII DI UPTD SMPN 1 SEMEN TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

ASTONI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

10.1.01.01.0044

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti selama masa Program Praktek Lapangan (PPL) di sekolah SMPN 1 Semen Kediri, yang kemudian peneliti ingin mengetahui lebih jauh lagi pada siswa SMPN 1 Semen Kediri yang kurang memiliki minat belajar dengan baik. Minat belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran merupakan sesuatu yang penting dalam proses belajar mengajar. Siswa yang memiliki minat belajar yang tinggi dapat menunjang proses belajar mengajar untuk semakin baik. Kurangnya minat belajar siswa terkadang dikarenakan adanya permasalahan baik pribadi, maupun lingkungan yang dihadapi peserta didik. Oleh sebab itu, peneliti ingin mengetahui bagaimana pengaruh yang dihasilkan pada layanan bimbingan pribadi untuk meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen Pre-test – Post-test Control Group Design. Dengan subjek penelitian siswa kelas VII SMPN 1 Semen Kediri. Penelitian ini menggunakan angket minat belajar sebagai alat ukur, yaitu meliputi perhatian, ketertarikan, rasa senang, penghargaan. Angket minat belajar nilai reliabilitas (Cronbach’s Alpha) = 0.880 dan terdiri dari 22 aitem. Analisis penelitian menggunakan pengujian hipotesis Paired Samples T Test pada masing-masing kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan bantuan penghitungan IBM SPSS Statistics 21. Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian ini, maka dapat dibuat kesimpulan, yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara layanan bimbingan priadi terhadap minat belajar siswa kelas VII di UPTD SMP N 1 Semen tahun pelajaran 2014/2015. Hal ini dibuktikan pada penghitungan perbedaan antara dua sampel data yang tidak berhubungan pada nilai akhir (pos tes) yaitu t hitung > t tabel (7,779 > 1,993) dengan db = 76 pada taraf signifikan 5%. Untuk meningkatkan minat belajar siswa lebih sering di berikan layanan bimbingan pribadi.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-11

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI