PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI KELOMPOK TERHADAP PENERAPAN CARA BELAJAR YANG EFEKTIF DAN EFISIEN PADA SISWA KELAS X MAN PRAMBOM NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
AHMAD TRI ANGGONO
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
10.1.01.01.0012
Abstract
Abtrak
Ahmad tri Anggono : Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Kelompok Terhadap Penerapan Cara Belajar Yang Efektif Dan Efisien Pada Siswa Kelas X Man Prambom Nganjuk Tahun Pelajaran 2014/2015, Artikel Bimbingan Dan Konseling, FKIP UNP Kediri, 2015.
Penelitian ini di latar belakangi oleh masih banyaknya siswa kelas X MAN Prambon Nganjuk Tahun Pelajaran 2014/2015 kurang mampu menerapkan cara belajar efektif dan efesien. Untuk memecahkan masalah tersebut perlu dilaksanakan suatu tindakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok.
Rumusan masalah penelitian ini adalah : 1, Bagaimana penerapan cara belajar efektif dan efesien siswa kelas X MAN Prambon Nganjuk Tahun Pelajaran 2014/2015 sewbelum dilaksanakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok?, 2. Bagaimanakah penerapan cara belajar yang efektif dan efesien siswa kelas X MAN Prambon Nganjuk Tahun Pelajaran 2014/2015 setelah dilaksanakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok?, 3. Adakah pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok terhadap penerapan cara belajar efektif dan efesien pada siswa kelas X MAN Prambon Nganjuk Tahun Pelajaran 2014/2015?
Jenis pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik eksperimental semu (quasi expirimental research). Populasinya 125 Siswa, dan sampelnya 25 yang diambildengan teknik cluster dan random sampling. Instrumennya yang digunakan adalah angket, Teknik analisis datanya adalah t test.