PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP N 2 NGANTRU KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

AGUSTINA VERAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

10.1.01.01.0007

Abstract

ABSTRAK Agustina Verawati: Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII SMP N 2 Ngantru Kabupaten Tulungagung, Skripsi, BK, FKIP UNP Kediri, 2014. Kata Kunci: pola asuh orang tua, kemandirian belajar Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pola asuh orang tua berpengaruh terhadap cara belajar siswa. Setiap orang tua memiliki latar belakang yang berbeda-beda satu dengan yang lain, sehingga pola asuh orang tua yang berbeda-beda itu mempengaruhi perkembangan diri pada siswa, khususnya kemandirian belajar. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana pola asuh orang tua siswa? (2) Bagaimana kemandirian belajar siswa (3) Apakah pola asuh orang tua berpengaruh terhadap kemandirian belajar siswa? Sedangkan tujuan dalam penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui pola asuh orang tua terhaap siswa, (2) Untuk mengetahui kemandirian belajar siswa (3) Untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap kemandirian belajar siswa. Penelitian ini menggunakan teknik pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas VIII SMP N 2 Ngantru sebesar 66 diambil 3 kelas dari 4 kelas yang ada. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa angket dengan menggunakan skala Guttman untuk mengumpulkan data, dan juga menggunakan regresi logistik untuk menghitung hasil data yang diperoleh dari angket. Hasil penelitian menunjukan keeratan hubungan pada variabel kemandirian belajar siswa terdapat nilai sebesar 13.021 sedangkan pada variabel pola asuh orang tua diperoleh nilai sebesar 34.156. Artinya semakin baik penerapan pola asuh yang diterapkan oleh orang tua dapat meningkatkan kemandirian belajar pada anak. Sedangkan dilihat dari hasil uji Hasil Uji Hosmer and Lemeshow Test p = (0,268) atau sig 0,001 ? 0,05 maka H0 ditolak. Dengan demikian dari hasil penghitungan statistik dengan uji regresi logistik tersebut diatas dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: bahwa ada pengaruh antara pola asuh orang tua terhadap kemandirian belajar siswa kelas VIII SMP N 2 Ngantru Kabupaten Tulungagung. Berdasarkan simpulan hasil penelitian, maka dapat diberikan saran-saran sebagai berikut. Untuk orang tua hendaknya dapat menerapkan pola asuh yang baik untuk anak-anaknya karena dengan menerapkan pola asuh yang baik dapat membentuk pribadi yang baik pula. Untuk guru BK hendaknya dapat memantau perkembangan para peserta didik, khususnya tentang kemandirian belajar mereka jika terjadi kendala di sekolah maka perlu diberikan konseling serta dapat bekerjasama dengan para orang tua. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian dengan subjek yang bukan hanya berasal dari tingkat SMP dan kelas VIII saja, tetapi peserta didik dari tingkat SMP dan SMA, sehingga hasil penelitian dapat digeneralisasikan pada populasi yang lebih luas dan diperoleh hasil penelitian yang lebih beragam dan komprehensif.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-10-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI