LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING MENGGUNAKAN STRATEGI RATIONAL EMOTIF UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DI SMA NEGERI 1 KARANGAN TRENGGALEK
Author (Penulis)
AGUS ARIFIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
10.1.01.01.0005
Abstract
ABSTRAK
Agus Arifin. NPM. 10.1.01.01.0005. Layanan Bimbingan dan Konseling Menggunakan Strategi Rational Emotif Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar
di SMA Negeri 1 Karangan Trenggalek. Skripsi, BK, FKIP UNP Kediri.
Kata Kunci: Strategi Rasional Emotif, Motivasi Siswa dan Layanan Bimbingan dan konseling
Konseling merupakan salah satu upaya untuk membantu individu dalam mengatasi konflik, hambatan, kesulitan, dan dalam memenuhi kebutuhan. Di dalam konseling terdapat banyak pendekatan dan teknik-teknik yang digunakan dalam membantu individu dalam mengatasi masalah yang dihadapinya. Motivasi adalah dorongan mental yang menggerakkan dan mengarahkan perilaku manusia, termasuk perilaku belajar. Dalam motivasi terkandung adanya keinginan, harapan, kebutuhan, tujuan dan sasaran. Keadaan inilah yang mengaktifkan, menggerakkan, menyalurkan, dan mengarahkan sikap dan perilaku individu belajar. Bimbingan dan konseling bertujuan untuk membantu konseli agar dapat mencapai tugas-tugas perkembangannya yang meliputi aspek pribadi-sosial, belajar (akademik), dan karir. Penelitian bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan strategi rasional emotif untuk membantu meningkatkan motivasi siswa dalam memanfaatkan layanan bimbingan dan konseling di SMA Negeri 1 Karangan Trenggalek.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian SSD (subjek single design). Sumber data dalam penelitian ini menggunakan snowball sampling dengan responden sebanyak 3 orang di SMK Negeri 1 Karangan Trenggalek.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa layanan bimbingan dan konseling menggunakan strategi rational emotif untuk meningkatkan motivasi belajar di SMA Negeri 1 Karangan Trenggalek efektif. Hasil yang diperoleh pada masing-masing siswa tergolong kategori cukup sebelum diberi strategi rasional emotif dalam layanan bimbingan dan konseling untuk meningkatkan motivasi siswa, dan kemudian setelah diberi layanan bimbingan dan konseling dengan menggunakan strategi emotif para siswa mengalami peningkatan dan tergolong kategori tinggi, sehingga layanan bimbingan dan konseling pada penerapan strategi rasional emotif efektif untuk meningkatkan motivasi pada siswa SMA Negeri 1 Karangan Trenggalek.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian, direkomendasikan. Sebaiknya guru bimbingan dan konseling dapat menggunakan strategi yang baik untuk mengatasi tiap-tiap siswa yang mengalami masalah, agar mereka mendapatkan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi.