PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP PENGUASAAN MATERI PENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA PADA SISWA KELAS IV SDN NGASEM TAHUN PELAJARAN 2012 - 2013


Author (Penulis)

ZAKKI ROSYADI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

09.1.01.10.0159

Abstract

Zakki Rosyadi: Pengaruh penggunaan media gambar terhadap penguasaan materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya pada siswa kelas IV SDN Ngasem Kec. Gurah Tahun Pelajaran 2012 – 2013. Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa siswa kelas Siswa kelas IV SDN Ngasem Kec. Gurah Kabupaten Kediri banyak guru – guru yang hanya menggunakan metode ceramah saja tanpa menggunakan media sama sekali, proses belajar mengajarnya pun terkesan kaku dan sangat membosankan. Padahal pembelajaran akan terlihat aktif dan menyenangkan apabila guru – guru mampu menggunakan media pembelajaran dalam penyampaian materinya agar tidak berjalan monoton. Sehingga dampak selanjutnya yakni rendahnya penguasaan materi pembelajaran. Permasalahan penelitian ini adalah (beberapa Siswa kelas IV SDN Ngasem Kec. Gurah kurang memahami materi yang diajarkan guru. Hal ini disebabkan oleh tidak adanya media pembelajaran yang diterapkan oleh guru dalam menyampaikan materi penggolongan hewan berdasarkan makanannya . Dari uraian tersebut dapat diidentifikasi masalahnya. 1) Apakah penguasaan materi penggolongan hewan berdasarkan makanannya sebelum menggunakan media gambar pada siswa kelas IV SD Negeri Ngasem Kec. Gurah Kab. Kediri dapat mencapai KKM? 2) Apakah penguasaan materi penggolongan hewan berdasarkan makanannya sesudah menggunakan media gambar pada siswa kelas IV SD Negeri Ngasem Kec. Gurah Kab. Kediri dapat mencapai KKM ? 3) Adakah pengaruh penggunaan media gambar terhadap penguasaan materi penggolongan hewan berdasarkan makanannyapada siswa kelas IV SD Negeri Ngasem Kec. Gurah Kab. Kediri? Penelitian ini menerapkan media gambar supaya siswa lebih tertarik dan antusias dalam mempelajari materi penggolongan hewan berdasarkan makanannya, selain itu media gambar akan sangat berpengaruh terhadap materi yang akan di ajarkan karena dalam materi penggolongan hewan berdasarkan makanannya akan di buatkan media gambar yang nyata jadi siswa akan lebih mudah memahami materi yang akan di ajarkan. Penggunaan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar Siswa kelas IV SDN Ngasem Kec. Gurah Kabupaten Kediri dalam mengembangkan kompetensi. Hal ini dapat dilihat pada hasil tes setelah dilakukan di kelas IV . Dapat dilihat dari hasil analisis dari kelas tersebut bahwa pada kelas IV sebelum digunakan media gambar dilihat dari nilai rata-rata siswa 73,41 dan siswa yang mendapatkan nilai <75 (tidak tuntas) sebanyak 8 (61), 8 (68) dan yang > 75 (tuntas) 13 siswa . Sedangkan setelah digunakan media gambar terjadi peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata siswa 89,00 dan siswa yang mendapatkan nilai <75 (tidak tuntas) sebanyak 4 siswa (61), 2 (68) dan nilai yang > 75 (tuntas) 23 siswa. Guru hendaknya guru menggunakan media dan metode yang tepat sehingga pembelajaran akan lebih maksimal. Guru dan siswa hendaknya dapat bekerja sama dengan baik dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: media gambar

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-10

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI