PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI MENGENAL BAGIAN-BAGIAN HEWAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF – STAD SISWA KELAS II SDN REJOMULYO KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015
Author (Penulis)
NUR ARIFAH AZNI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
09.1.01.10.0116
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa
pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan dominasi pada peran
guru. Akibatnya suasana kelas monoton,, pasif, dan membosankan. Hal tersebut nampak dari
motivasi belajar siswa yang rendah,, yang pada akhirnya hasil belajarnya pun juga rendah.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah hasil belajar materi mengenal
bagian-bagian hewan siswa kelas II SDN Rejomulyo Kota Kediri tahun pelajaran 2014/2015?
(2) Bagaimana aktivitas guru dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD
untuk meningkatkan hasil belajar materi mengenal bagian-bagian hewan siswa kelas II SDN
Rejomulyo Kota Kediri tahun pelajaran 2014/2015? (3) Adakah peningkatan hasil belajar
materi mengenal bagian-bagian hewan siswa kelas II SDN Rejomulyo Kota Kediri tahun
pelajaran 2014/2015 dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD?
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan
subjek penelitian siswa kelas II SDN Rejomulyo. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus,
menggunakan instrumen berupa RPP, lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi
aktivitas guru, kuesioner motivasi belajar dan tes hasil belajar siswa.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Melalui siklus tindakan pembelajaran dapat
ditemukan langkah-langkah yang efektif penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk
meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. (2) Melalui siklus tindakan pembelajaran
kooperatif tipe STAD terbukti dapat meningkatkan motivasi. (3) Melalui siklus tindakan
pembelajaran kooperatif tipe STAD terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan : (1) Tujuan pokok
penggunaan pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah untuk mengembangkan kemampuan
kerjasama. Oleh sebab itu, guru sebagai pelaksana pembelajaran harus mengutamakan proses
yang mendukung terciptanya suasana kerja kelompok. (2) Guru masih perlu meneliti terus
menerus, untuk membuktikan apakah pembelajaran kooperatif tipe STAD sesuai dengan
seluruh karakteristik materi dan karakteristik siswa.