PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI MENGENAL BAGIAN-BAGIAN HEWAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF – STAD SISWA KELAS II SDN REJOMULYO KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015


Author (Penulis)

NUR ARIFAH AZNI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

09.1.01.10.0116

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan dominasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton,, pasif, dan membosankan. Hal tersebut nampak dari motivasi belajar siswa yang rendah,, yang pada akhirnya hasil belajarnya pun juga rendah. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah hasil belajar materi mengenal bagian-bagian hewan siswa kelas II SDN Rejomulyo Kota Kediri tahun pelajaran 2014/2015? (2) Bagaimana aktivitas guru dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar materi mengenal bagian-bagian hewan siswa kelas II SDN Rejomulyo Kota Kediri tahun pelajaran 2014/2015? (3) Adakah peningkatan hasil belajar materi mengenal bagian-bagian hewan siswa kelas II SDN Rejomulyo Kota Kediri tahun pelajaran 2014/2015 dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas II SDN Rejomulyo. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa RPP, lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru, kuesioner motivasi belajar dan tes hasil belajar siswa. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Melalui siklus tindakan pembelajaran dapat ditemukan langkah-langkah yang efektif penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. (2) Melalui siklus tindakan pembelajaran kooperatif tipe STAD terbukti dapat meningkatkan motivasi. (3) Melalui siklus tindakan pembelajaran kooperatif tipe STAD terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan : (1) Tujuan pokok penggunaan pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah untuk mengembangkan kemampuan kerjasama. Oleh sebab itu, guru sebagai pelaksana pembelajaran harus mengutamakan proses yang mendukung terciptanya suasana kerja kelompok. (2) Guru masih perlu meneliti terus menerus, untuk membuktikan apakah pembelajaran kooperatif tipe STAD sesuai dengan seluruh karakteristik materi dan karakteristik siswa.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-11

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI