PENGARUH MEDIA GAMBAR DENAH TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI LINGKUNGAN DAN MELAKSANAKAN KERJA SAMA DI SEKITAR RUMAH DAN SEKOLAH PADA SISWA KELAS III SDN TENGGER KIDUL 1 TAHUN AJARAN 2012/2013


Author (Penulis)

MAYA SARI LIDYAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

09.1.01.10.0098

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu faktor kehidupan yang sangat penting bagi terbangunnya sebuah peradaban suatu bangsa. Pendidikan di Indonesia banyak mengalami masalah terutama dalam mutu pendidikan. Dengan demikian cukup beralasan apabila pendidikan harus mendapatkan perhatian yang cukup serius, lebih-lebih bagi kalangan pendidik maupun calon pendidik. Dalam pembelajaran IPS, guru di upayakan dapat memilih media pembelajaran yang sesuai dengan pokok bahasan dan keadaan siswa. Penggunaan modia pembelajaran yang tepat, akan dapat mewujudkan tujuan pembelajaran yang diharapkan. Maka hal tersebut telah memberikan alternatif pada guru dalam menggunakan media yang sesuai dengan materi pembelajaran. Masalah yang diteliti yaitu : 1. Pengaruh media gambar pada mata pelajaran IPS standart kompetensi memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama disekitar rumah dan sekolah terhadap kemampuan Siswa kelas III SDN Tengger Kidul 1 tahun ajaran 2012 / 2013 ; 2. Respon Siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan media gambar denah pada mata pelajaran IPS standart kompetensi memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama disekitar rumah dan sekolah terhadap kemampuan Siswa kelas III SDN Tengger Kidul 1 tahun ajaran 2012 / 2013 ; 3. Pembelajaran menggunakan media gambar dapat meningkatkan kemampuan Siswa pada mata pelajaran IPS standart kompetensi memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama disekitar rumah dan sekolah terhadap kemampuan Siswa kelas III SDN Tengger Kidul 1 tahun ajaran 2012 / 2013.Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tengger Kidul 1 dengan mengunakan Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri dilakukan terhadap siswa kelas III yang berjumlah 22 siswa.Penelitian ini memnggunakan pendekatan eksperimen. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik Uji-t. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat diketahui pengaruh menggunakan media denah terhadap hasil belajar materi denah rumah dan sekolah terbukti dengan nilai rata-rata 85,045. Sedangkan respon Siswa terhadap penggunaan media denah siswa menjadi lebih aktif, Inovatif, kreatif dan menyenangkan. Dengan menggunakan media gambar denah Siswa dapat meningkatkan kemampuan dalam proses belajar mengajar. Dengan demikian siswa kelas III SDN Tengger Kidul 1I Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2012/2013 dapat meningkatkan hasil belajar dengan baik apabila menggunakan media visual. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh antara media visual terhadap hasil belajar materi denah rumah dan sekolah, karena nilai t tabel pada taraf signifikan 1 % yaitu 4,545. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh media gambar pada mata pelajaran IPS standart kompetensi memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama disekitar rumah dan sekolah terhadap kemampuan Siswa kelas III SDN Tengger Kidul 1 tahun ajaran 2012 / 2013. Respon Siswa terhadap pembelajaran dengan media gambar Siswa menjadi lebih aktif, Inovatif, kreatif dan menyenangkan . Dengan menggunakan media gambar denah Siswa dapat meningkatkan kemampuan dalam proses belajar mengajar Untuk itu hendaknya para guru lebih kreatif dalam memilih media pembelajaran dan hendaknya bisa meminimalisir kelemahan atau kekurangan dari media pembelajaran yang telah dipilih demi tercapainya tujuan pembelajaran.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-12-17

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI