PENERAPAN METODE MIND MAP (PETA PIKIRAN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PERJUANGAN MELAWAN PENJAJAHAN DI KELAS V C SDI AL HUDA KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2013/2014


Author (Penulis)

MALICHATUN NAFIAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

09.1.01.10.0095

Abstract

Penerapan Metode Mind Map (Peta Pikiran) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Perjuangan Melawan Penjajahan di Kelas V C SDI Al Huda Kota Kediri Tahun Pelajaran 2013/2014 MALICHATUN NAFIAH NPM.09.1.01.10.0095 FKIP-PGSD ruangkosong_18@yahoo.co.id. Drs. Heru Budiono, M.Pd. dan Dr. Zainal Afandi, M. Pd. ABSTRAK Berdasarkan pengamatan awal di lapangan yakni di SDI Al Huda Kota Kediri, diperoleh temuan bahwa dalam pembelajaran IPS yang selama ini dilaksanakan cenderung bersifat konvensional dan masih berpusat pada guru. Guru mendominasi pembelajaran, pola interaksi dalam pembelajaran yang searah kurang memberi peluang kepada siswa untuk mengemukakan pendapatnya. Guru hanya manyampaikan materi melalui ceramah kemudian menyuruh siswa untuk mengerjakan latihan soal. Hal ini berdampak pada siswa hanya sebagai obyek pasif dalam pembelajaran yang datang, duduk, catat dan hafal. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut dibutuhkan penerapan metode Mind Map agar ada peningkatan hasil belajar. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini memiliki 3 perumusan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana menerapkan Metode Mind Mapping agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam memahami materi Perjuangan Melawan Penjajahan kelas V SDI Al Huda Kota Kediri ? (2) Apakah penerapan Metode Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam memahami materi Perjuangan Melawan Penjajahan kelas V SDI Al Huda Kota Kediri ? Melalui uraian rumusan masalah yang tersebut di atas, maka dapat dilakukan tindakan pemecahan masalah sebagai berikut: (1) Guru memberikan pengarahan penerapan pembelajaran dengan metode Mind Mapping yang merupakan pengalaman belajar baru bagi siswa, (2) Guru memberikan contoh model Mind Mapping sederhana dengan tema bebas, untuk memberikan rangsangan imajinasi pada siswa. Langkah-langkah guru sebagai berikut : (1) Guru membagikan kertas kosong kepada setiap siswa, (2) Siswa menyiapkan pena/ pensil/ spidol warna-warni, (3) Siswa menentukan satu tema bebas, untuk menjadi topik utama pembicaraan, (4) Siswa bermain dengan imajinasi untuk menjelaskan topik yang diinginkannya. Penelitian ini menggunakan jenis teknik penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas V C SDI AL HUDA Kota Kediri. Teknik pengumpulan data berupa tes dan instrumennya berupa lembar pengamatan dan soal uraian singkat. Simpulan hasil penelitian ini adalah Penerapan metode Mind Mapping (peta pikiran) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Islam Al Huda Kota Kediri. Hal ini ditunjukkan dari kemampuan siswa pada pertemuan akhir Siklus I sebesar 59 % dengan kriteria baik, mengalami peningkatan pada Siklus II dengan perolehan sebesar 80% dengan kriteria sangat baik. Rata-rata hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran dengan penerapan metode Mind Map juga mengalami peningkatan. Pada siklus I dengan prosentase ketuntatasan klasikal sebesar 76,9% dengan kriteria baik, meningkat menjadi 88,5 % pada Siklus II. Kata kunci : Mind Map, Peta Pikiran, Meningkatkan Hasil Belajar

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-11

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI