PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GI (GROUP INVESTIGATION) TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI STRUKTUR DAUN TUMBUHAN PADA SISWA KELAS IV SDN I NGULAN KULON TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Author (Penulis)
DHIKA WAHYU SAPUTRA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
09.1.01.10.0035
Abstract
ABSTRAK
DHIKA WAHYU SAPUTRA: Pengaruh Model Pembelajaran GI (Group Investigation) Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Struktur Daun Tumbuhan Pada Siswa Kelas IV SDN 1 Ngulankulon Tahun Pelajaran 2012/2013, Skripsi, PGSD, FKIP Universitas Nusantara PGRIKediri, 2013.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, GI (Group Investigation), IPA, struktur daun
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa penggunaan model pembelajaran yang digunakan oleh guru tidak sesuai dengan materi yang diajarkan, dalam hal ini proses pembelajaran pada siswa Kelas IV SDN 1 Ngulan Kulon, Kecamatan Pogalan, Kabupaten Trenggalek masih terfokus pada guru, belum terfokus pada siswa. Sehingga siswa hanya duduk dan mendengarkan penjelasan dari guru tanpa dilibatkan secara langsung dalam kegiatan pembelajaran.
Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen semu (quasi eksperimental). Untuk melaksanakan quasi eksperimental, peneliti menggunakan desain Intact-Group Comparison. Pada desain ini terdapat satu kelompok yang digunakan untuk penelitian, tetapi dibagi dua, yaitu setengah kelompok untuk eksperimen (yang diberi perlakuan) dan setengah untuk kelompok kontrol (yang tidak diberi perlakuan). Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random sampling sehingga diperoleh dua kelas sampel yaitu kelas IV no. absen ganjil (kelas eksperimen) dan kelas IV no. absen genap (kelas kontrol). Instrumen yang digunakan yaitu instrumen perlakuan (silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP)) instrumen pengukuran hasil belajar (Post-test). Teknik anasisis data yang digunakan berupa uji prasyarat analisis dan uji hipótesis penelitian dengan menggunakan uji t.
Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh dua kesimpulan sebagai berikut. Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran GI terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Struktur Daun Tumbuhan. Dari hasil analisa data bahwa t hitung ditemukan sebesar 3,838 , sedangkan t tabel dengan menggunakan taraf signifikan 1 % adalah sebesar 2,750 sehingga dapat disimpulkan bahwa t hitung lebih besar dari pada t tabel. Berarti Hipotesa Nol (Ho) ditolak, sehingga hipotesa alternatif (Ha) diterima. Dengan demikian Model Pembelajaran GI (Group Investigation) berpengaruh positif terhadap kemampuan mengidentifikasi struktur daun tumbuhan pada siswa kelas IV SDN 1 Ngulankulon tahun pelajaran 2012/2013
Berdasarkan hasil penelitian disarankan Pembelajaran dengan model pembelajaran GI (Group Investigation) dapat digunakan sebagai alternatif di dalam pembelajaran materi struktur daun tumbuhan mata pelajaran IPA SD. Guru diharapkan memiliki cara mengajar yang baik dan mampu memilih model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan konsep-konsep mata pelajaran yang akan disampaikan. Diperlukan penerapan model pembelajaran yang mampu mendorong siswa untuk aktif dan dapat meningkatkan kualitas belajar siswa.