PENINGKATAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DALAM MENGIDENTIFIKASI GERAK BENDA MELALUI PENDEKATAN SAINS, TEKNOLOGI DAN MASYARAKAT (STM) PADA SISWA KELAS III SDN KUTOANYAR II TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

CHANDRA ALMAS BUDHIAJI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

09.1.01.10.0021

Abstract

Abstrak Chandra Almas Budhiaji: Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Dalam Mengidentifikasi Gerak Benda Melalui Pendekatan Sains, Teknologi dan Masyarakat (STM) Pada Siswa Kelas III SDN Kutoanyar II Tulungagung, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata Kunci: Berfikir Kritis, Gerak Benda, Sains Teknologi dan Masyarakat. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan hasil pengalaman peneliti bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan dominasi guru. Akibatnya suasana kelas pasif, monoton, dan membosankan. Hal tersebut nampak dari motivasi belajar siswa rendah, yang pada akhirnya hasil belajar siswa rendah serta dalam konteks pembelajaran siswa harus lebih berpikir aktif dan kritis tidak muncul sebab proses pembelajaran yang didominasi oleh guru. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana upaya guru dalam meningkatkan pembelajaran gerak benda melalui pendekatan Sains, Teknologi dan Masyarakat (STM) pada siswa Kelas III Semester II SDN Kutoanyar II Tulungagung? (2) Bagaimana proses dalam meningkatkan pembelajaran gerak benda melalui pendekatan Sains, Teknologi dan Masyarakat (STM) pada siswa Kelas III Semester II SDN Kutoanyar II Tulungagung? (3) Bagaimana hasil belajar siswa dalam meningkatkan pembelajaran gerak benda melalui pendekatan Sains, Teknologi dan Masyarakat (STM) pada siswa Kelas III Semester II SDN Kutoanyar II Tulungagung?. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa kelas III SDN II Kutoanyar Tulungagung. Penelitian dilaksanakan dengan dua siklus, menggunakan instrumen berupa RPP, lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru, tes hasil belajar siswa. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Melalui siklus tindakan pembelajaran dapat ditemukan langkah-langkah yang efektif penerapan pembelajaran dengan pendekatan Sains, Teknologi dan Masyarakat (STM) untuk meningkatkan berpikir kritis siswa dan hasil belajar siswa. (2) Melalui siklus tindakan pendekatan Sains, Teknologi dan Masyarakat (STM) terbukti dapat meningkatkan berpikir kritis siswa. (3) Melalui siklus tindakan pendekatan Sains, Teknologi dan Masyarakat (STM) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Tujuan pokok penggunaan pendekatan Sains, Teknologi dan Masyarakat (STM) adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Oleh sebab itu guru sebagai pelaksana pembelajaran harus mengutamakan proses yang mendukung terciptanya pengalaman langsung dan kelompok. (2) Guru masih perlu meneliti terus menerus, untuk membuktikan apakah pendekatan Sains, Teknologi dan Masyarakat sesuai dengan selut=ruh karakteristik materi dan karakteristik siswa.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-06-09

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI