PENINGKATAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DALAM MENGIDENTIFIKASI GERAK BENDA MELALUI PENDEKATAN SAINS, TEKNOLOGI DAN MASYARAKAT (STM) PADA SISWA KELAS III SDN KUTOANYAR II TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
CHANDRA ALMAS BUDHIAJI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
09.1.01.10.0021
Abstract
Abstrak
Chandra Almas Budhiaji: Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Dalam
Mengidentifikasi Gerak Benda Melalui Pendekatan Sains, Teknologi dan
Masyarakat (STM) Pada Siswa Kelas III SDN Kutoanyar II Tulungagung,
Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2015.
Kata Kunci: Berfikir Kritis, Gerak Benda, Sains Teknologi dan Masyarakat.
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan hasil pengalaman
peneliti bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh aktivitas klasikal
dengan dominasi guru. Akibatnya suasana kelas pasif, monoton, dan
membosankan. Hal tersebut nampak dari motivasi belajar siswa rendah, yang pada
akhirnya hasil belajar siswa rendah serta dalam konteks pembelajaran siswa harus
lebih berpikir aktif dan kritis tidak muncul sebab proses pembelajaran yang
didominasi oleh guru.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana upaya guru dalam
meningkatkan pembelajaran gerak benda melalui pendekatan Sains, Teknologi
dan Masyarakat (STM) pada siswa Kelas III Semester II SDN Kutoanyar II
Tulungagung? (2) Bagaimana proses dalam meningkatkan pembelajaran gerak
benda melalui pendekatan Sains, Teknologi dan Masyarakat (STM) pada siswa
Kelas III Semester II SDN Kutoanyar II Tulungagung? (3) Bagaimana hasil
belajar siswa dalam meningkatkan pembelajaran gerak benda melalui pendekatan
Sains, Teknologi dan Masyarakat (STM) pada siswa Kelas III Semester II SDN
Kutoanyar II Tulungagung?.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan
subyek penelitian siswa kelas III SDN II Kutoanyar Tulungagung. Penelitian
dilaksanakan dengan dua siklus, menggunakan instrumen berupa RPP, lembar
observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru, tes hasil belajar siswa.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Melalui siklus tindakan
pembelajaran dapat ditemukan langkah-langkah yang efektif penerapan
pembelajaran dengan pendekatan Sains, Teknologi dan Masyarakat (STM) untuk
meningkatkan berpikir kritis siswa dan hasil belajar siswa. (2) Melalui siklus
tindakan pendekatan Sains, Teknologi dan Masyarakat (STM) terbukti dapat
meningkatkan berpikir kritis siswa. (3) Melalui siklus tindakan pendekatan Sains,
Teknologi dan Masyarakat (STM) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Tujuan
pokok penggunaan pendekatan Sains, Teknologi dan Masyarakat (STM) adalah
untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Oleh sebab itu guru
sebagai pelaksana pembelajaran harus mengutamakan proses yang mendukung
terciptanya pengalaman langsung dan kelompok. (2) Guru masih perlu meneliti
terus menerus, untuk membuktikan apakah pendekatan Sains, Teknologi dan
Masyarakat sesuai dengan selut=ruh karakteristik materi dan karakteristik siswa.