PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM QUIZ DALAM PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BAHASAN STATISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR SISWA KELAS XI PEMASARAN SMK PGRI 3 KEDIRI TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

JULIANA WIDYAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

09.1.01.05.0142

Abstract

PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM QUIZ DALAM PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BAHASAN STATISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR SISWA KELAS XI PEMASARAN SMK PGRI 3 KEDIRI TAHUN AJARAN 2014/2015 Juliana Widyowati 09.1.01.05.0142 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Matematika Email: jejeevelint@yahoo.co.id Dra. Endah Sulastri, M.Pd dan Siti Mukaromah, M.Pd UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI ABSTRAK Widyowati, Juliana : Penerapan Model Kooperatif Tipe Team Quiz dalam Pelajaran Matematika Materi Bahasan Statistik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa Kelas XI Pemasaran SMK PGRI 3 Kediri, Skripsi, Matematika, FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2015. Dewasa ini pendidikan selalu mengalami pembaharuan dalam rangka mencari struktur kurikulum, sistem pendidikan dan metode belajar yang efektif dan efesien antara lain meningkatkan sarana dan prasarana, meningkatkan mutu para pendidik dan peserta didik serta perubahan dan perbaikan kurikulum. Konsep suatu pendidikan itu sangat penting ketika seseorang harus memasuki kehidupan di masyarakat dan duania kerja, karena yang bersangkutan harus mampu menerapkan apa yang telah didapat dari sekolah. Jadi diperlukan suatu pemahaman terhadap materi yang disampaikan disekolah. Agar mencapai hasil yang maksimal dalam dunia pendidikan, saat ini berkembang berbagai model pembelajaran, dan model pembelajaran yang banyak mendapat respon adalah model pembelajaran kooperatif (Cooperative Learning). Pada pembelajaran ini siswa diberi kesempatan untuk berkomunikasi dan berinteraksi social dengan temannya untuk mencapai tujuan pembelajaran, sementara guru bertindak sebagai moderator dan fasilitator aktivitas siswa. Adapun perumusan masalah dari penelitian ini adalah : (1) Bagaimana Penerapan Model Kooperatif Tipe Team Quiz dalam Pelajaran Matematika Materi Bahasan Statistik di SMK PGRI 3 Kediri Kelas XI Pemasaran? (2) Apakah Penerapan Model Kooperatif Tipe Team Quiz dapat Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa dalam Materi Bahasan Statistik di SMK PGRI 3 Kediri Kelas XI Pemasaran?. Penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian tindakan kelas. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan beberapa teknik yaitu : Observasi dan Tes. Adapun yang menjadi responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Pemasaran SMK PGRI 3 Kediri. Data yang telah diperoleh peneliti dianalisis dengan menggunakan rumus persentase kemampuan berpikir siswa dan persentase kemampuan guru. Hasil observasi kemampuan guru pada siklus I mencapai 76% dan pada siklus II persentase yang diperoleh mencapai 88%, dan dari hasil observasi kemampuan berpikir siswa pada siklus I mencapai 62% meningkat menjadi 79% pada siklus II, sedangkan hasil tes evaluasi siklus I ketuntasan klasikal siswa mencapai 64% dan pada siklus II mencapai 92% hal ini telah memenuhi nilai ketuntasan klasikal yaitu ? 85% dari jumlah siswa. Sehingga nilai ketuntasan klasikal telah terpenuhi pada siklus II. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan model kooperatif tipe team quiz sangat baik atau efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika kelas XI pemasaran SMK PGRI 3 Kediri dalam materi bahasan statistik tahun ajaran 2014/2015. Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe Team Quiz, Kemampuan Berpikir, Statistik.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-06

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI