PERBANDINGAN PENDEKATAN SAVI DAN PENDEKATAN KONVENSIONAL TERHADAP EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI PRISMA DAN LIMAS
Author (Penulis)
ANNAS TURMUDZI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
09.1.01.05.0024
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya daya serap siswa terhadap materi yang mengakibatkan semakin menurunnya hasil belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran. Ini didapat dari hasil belajar yang diperoleh siswa masih ada yang lebih rendah dari KKM yang ditentukan sekolah. Inilah tugas guru untuk memperbaikinya.
Pendekatan yang digunakan oleh guru sangatlah bermacam-macam baik pendekatan yang berorientasi pada guru seperti pendekatan konvensional atau pendekatan yang berorientasi pada siswa seperti pendekatan SAVI. Dalam penelitian ini adalah untuk membandingkan kedua pendkatan tersebut.
Permasalahan penelitian ini melingkupi : (1) Bagaimanakah hasil belajar matematika siswa pada materi volume prisma dan limas menggunakan pendekatan SAVI ? (2) Bagaimanakah hasil belajar matematika siswa pada materi volume prisma dan limas menggunakan pendekatan konvensional ? (3) Bagaiamana perbandingan hasil belajar antara pendekatan SAVI dengan dengan pendekatan konvensional dalam pembelajaran matematika pada materi materi volume prisma dan limas?
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas IV SDN Islam Istiqlal , Tahun ajaran 2015/2016.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah : (1) Pembelajaran matematika pada materi materi volume prisma dan limas menggunakan pendekatan SAVI memperoleh hasil belajar yang baik. (2) Pembelajaran matematika pada materi volume prisma dan limas menggunakan pendekatan konvensional memperoleh hasil belajar yang baik. (3) Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika pada materi volume prisma dan limas menggunakan pendekatan SAVI dan pendekatan konvensional. (4) Pembelajaran matematika pada materi Volume Prisma Segitiga dan Tabung dengan menggunakan pendekatan SAVI memperoleh hasil yang lebih baik dari pada dengan menggunakan pendekatan konvensional.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Perlu dilakukan penelitian tentang pengelolaan kelas selama pembelajaran berlangsung. (2) Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai pendekatan SAVI bila dibandingkan dengan pendekatan-pendekatan pembelajaran yang lain. (3) Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut terhadap penelitian ini bila dilihat dari hasil belajar siswa diluar prestasi belajar siswa yaitu hasil belajar pada aspek Afektif dan Psikomotor.