PENINGKATAN PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN SIKLUS AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS XI DI MAN KEDIRI 1


Author (Penulis)

YOGI RAHAYU
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

09.1.01.04.0175P

Abstract

ABSTRAK YOGI RAHAYU: PENINGKATAN PRESTASI DAN MOTIVASI POKOK BAHASAN SIKLUS AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS XI DI MAN KEDIRI 1 Skripsi, PEA, FKIP UNP Kediri, 2010 Kata kunci : Akuntansi, Perusahaan jasa, Prestasi, Kooperatif, Tipe Numbered Head Together. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan penelitian peneliti, bahwa model pembelajaran ekonomi khususnya Akuntansi di MAN Kediri 1 masih di dominasi oleh aktivitas klasikal dengan dominasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif dan membosankan. Hal ini nampak pada motivasi belajar siswa yang rendah yang pada akhirnya prestasi belajarnyapun juga rendah. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dapat meningkatkan prestasi belajar siswa? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa kelas XI MAN Kediri 1. Penelitian merencanakan tiga siklus, Namun setelah dilaksanakan ternyata dua siklus dirakan sudah membawa perkembangan prestasi siswanya. Dalam siklus tersebut menggunakan instrumen berupa RPP, silabus, perencanaan materi, penilaian dan lembar pengamatan siswa dan guru. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah Bagi Kepala Sekolah : Kepala Sekolah sebaiknya menyarankan agar pembelajaran kooperatif tipe NHT digunakan oleh para guru sebagai salah satu alternatif kegiatan pembelajaran agar motivasi siswa dalam pembelajaran meningkat. Sehingga dengan motivasi meningkat prestasi belajar juga akan naik. Bagi Guru : Guru yang menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe NHT sebaiknya memanajemen waktu dan mengelola kelas dengan baik, sehingga diperlukan perencanaan kegiatan pembelajaran agar waktu dapat lebih efektif. Bagi Siswa : Sebelum pembelajaran dikelas sebaiknya siswa terlebih dahulu mempelajari materi yang akan dipelajari dirumah agar kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan lancar. Seluruh anggota kelompok harus ikut aktif dalam diskusi kelompok sehingga seluruh kelompok bisa memahami materi yang sedang dipelajari.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-16

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI